Gabung SekarangSilahkan bergabung di grup telegram informasi & diskusi

Waspada Ular Saat Musim Hujan Datang

Waspada Ular Saat Musim Hujan Datang. Di Jogja, tempat saya tinggal, beberapa waktu terakhir ini sudah lumayan sering diguyur hujan, baik dengan intensitas sedang maupun hujan lebat. Sepertinya, musim hujan segera tiba. Mudah-mudahan saja demikian, karena faktanya, di beberapa rumah dekat saya, sudah mulai kekurangan air dengan kondisi sumur yang turun ketinggian airnya.

Kebetulan, hari ini saya mendapatkan pengalaman yang luar biasa (baru sekali selama hidup). Yaitu, isteri saya mendapatkan seekor ular di dapur. Singkat ceritanya begini,

Waspada Ular Saat Musim Hujan Datang
Seekor ular sedang berenang berburu katak (Insubria/Pixabay)

Pengalaman Ular Masuk Dapur Rumah

Saat itu, saya memang sedang tidak dirumah. Ketika pulang, saya mendapati beberapa tetangga rumah sebelah sedang berkumpul dibelakang tempat yang kami tinggali, dan isteri saya tampak sedang bercerita dengan raut wajah sedikit masih was-was.

Ternyata, barusan ada ular masuk, sebesar jempol orang dewasa dengan panjang kira-kira sampai setengah meter. Awalnya isteri melihat ular tersebut seperti akan merayap keatas melalui tembok. Lalu setelah meminta bantuan beberapa orang pria terdekat. Ular tersebut berhasil dihalau (terpaksa dibunuh).

Jenis Ular Yang Masuk Rumah

Setelah tenang dan saya tanyakan ceritanya, isteri saya menjelaskan bahwa ular tersebut memiliki ciri-ciri berwarna hitam, ada lurik lurus berwarna kuning emas sepanjang badan ular, dengan kepala hampir sama besar dengan badannya.

Saya kurang yakin benar, tapi berdasarkan yang saya cari melalui google, jenis ular seperti yang diceritakan oleh isteri saya adalah jenis ular Sawo Kopi, atau memiliki nama latin Coelognathus flavolineatus, dikenal juga dengan sebutan Ular Babi.

Ular Sowo Kopi / Ular Babi

  • Suku : Colubridae
  • Anak Suku : Colubrinae
  • Marga : Coelognatus
  • Spesies : Coelognatus flavolineatus
  • Panjang Maksimum : 1.8m

Ular sowo kopi memiliki Kontribusi pada ekosistem : Membantu menjaga populasi tikus di Indonesia. Juga akan memakan kadal dan katak. Saat kecil ular ini merupakan makanan bagi ular besar, biawak dan burung pemangsa. Ular ini dapat memberikan gigitan tidak berbisa yang cukup sakit, namun tidak memiliki bisa.

Waspada Ular Saat Musim Hujan Datang

Menghalau Ular Berkeliaran di Rumah

Musim hujan, biasanya rawan ular masuk pemukiman rumah. 2 penyebab utamanya adalah :

  1. Ular suka dengan tempat lembab
  2. Musim hujan adalah saat dimana telur ular menetas

Dari sebab diatas, maka sebagai tindakan pencegahan, dapat dilakukan dengan cara :

  • Hindari menumpuk barang di sudut-sudut ruangan rumah.
  • Jaga kebersihan rumah, seperti dengan sering di pel menggunakan pewangi lantai, karena ular tidak menyukai aroma wewangian.
  • Usir tikus, jika ada. Karena seperti pengalaman saya diatas, ular yang masuk rumah adalah ular pemakan katak dan tikus.
  • Tutup lubang pavin block, aliran pembuangan kamar mandi dan sebagainya.

Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *