Gabung SekarangSilahkan bergabung di grup telegram informasi & diskusi

Simulasi Bencana Gempa Bumi Kampung Patangpuluhan

Simulasi Bencana Gempa Bumi Kampung Patangpuluhan Jogja. Dilaksanakan pada hari Ahad, 24 Nopember 2019 yang lalu, bertempat di seputaran perumahan dirjen pajak, dekat kantor kelurahan patangpuluhan, wirobrajan, jogjakarta. JZ12JXD kebetulan bisa mengikuti kegiatan tersebut bersama rekan relawan Kampung Tangguh Bencana (KTB) Patangpuluhan.

Simulasi Bencana Gempa Bumi Kampung Patangpuluhan
Salah satu suasana simulasi gempa (KTB Patangpuluhan WAG)

Kampung Tangguh Bencana

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana mengamanatkan untuk melindungi masyarakat dari ancaman bencana. Salah satu strategi untuk mewujudkan hal ini adalah melalui pengembangan desa/kelurahan tangguh terhadap bencana dengan upaya pengurangan risiko bencana berbasis komunitas (PRBBK).

Dalam PRBBK, proses pengelolaan risiko bencana melibatkan secara aktif masyarakat dalam mengkaji, menganalisis, menangani, memantau dan mengevaluasi risiko bencana untuk mengurangi kerentanan dan meningkatkan kemampuannya. (Perka BNPB)

KTB Rintisan Kelurahan Patangpuluhan

Mengacu kepada Perka BNPB No. 1/2012 tentang Pedoman Umum Desa/Kelurahan Tangguh Bencana tersebut diatas, maka kampung Patangpuluhan, merupakan salah satu kelurahan yang memiliki program KTB yang didampingi oleh BPBD Kota Jogja.

Video Suasana Simulasi Bencana Gempa di Kampung Patangpuluhan

Simulasi Bencana Gempa Bumi Kampung Patangpuluhan

Pada hari minggu, 24 November 2019. Cuaca diatas wilayah kecamatan Wirobrajan cerah, termasuk di wilayah patangpuluhan. Masyarakat beraktifitas seperti biasanya, ada yang mandi, mencuci, ada juga yang bersiap ke sekolah maupun bekerja.

Adegan simulasi bencana, dimulai dengan kegiatan rutin Komunikasi Net Control yang dilaksanakan oleh Pusdalops BPBD Jogja Kota. Menggunakan alat komunikasi, laporan-laporan sekitar setempat disampaikan oleh relawan, pada saat itu.

Simulasi Bencana Gempa KTB Patangpuluhan

Suasana nampak normal dan tenang seperti hari-hari sebelumnya. Hingga tiba-tiba terjadi gempa dengan kekuatan 6.5 SR, kedalaman 10 km, durasi 58 detik, pusat gempa berada di selatan wilayah Bantul. Seluruh potensi relawan KTB bergerak, berkomunikasi, berkoordinasi dan bekerja sama dalam menangani kejadian gempa tersebut.

Urutan Adegan Gladi Lapang Simulasi Gempa Bumi

  • Kejadian Gempa Bumi
  • Ketua KTB Menenangkan Warga
  • Informasi dari Pusdalop BPBD Jogja
  • Ketua KTB melakukan koordinasi dengan anggota
  • Ketua KTB melaporkan kejadian kepada Lurah
  • Lurah Patangpuluhan meneruskan laporan kepada BPBD Kota Jogja
  • Ketua KTB meminta informasi lengkap dari semua kordinator KTB
  • Proses Evakuasi Korban
  • Proses Evakuasi pengungsi dari titik kumpul ke pos Pengungsian
  • Penyisiran Wilayah
  • Meminta bantuan Puskesmas
  • Merujuk korban ke Rumah Sakit terdekat
  • Koordinasi kembali dengan laporan lengkap masing-masing seksi KTB
  • Kunjungan Pejabat ke Tenda Pengungsian
  • Laporan dari Tim Informasi Data
  • Laporan dari Tim Logistik
  • Trauma Healing
  • Ramah Tamah
  • Evaluasi hasil Simulasi Gempa
  • Penutupan Kegiatan

Pada simulasi gempa tersebut, perlengkapan yang disediakan sebagai pendukung adalah : Tenda pengungsi, Tenda undangan, Meja, Kursi, Sound sistem, Tandu, Perlengkapan PPGD & P3K, Megaphone, Kentongan, Tikar, Perlengkapan kesiapan Dapur Umum, Rambu Jalur Evakuasi, Peta Wilayah kejadian Gempa Bumi.

Tidak hanya perlengkapan yang disiapkan, agar simulasi bisa menjadi sebuah mitigasi sehingga warga benar-benar ada kesiapan ketika terjadi bencana. Pada kegiatan simulasi juga ditampilkan peraga warga dengan kondisi : kelompok rentan, warga yang terluka patah kaki/tangan, luka kepala akibat tertindih dan lain sebagainya.

Hadir sebagai Tamu Undangan pada kegiatan Simulasi Bencana Gempa Bumi Kampung Tangguh Bencana Patangpuluhan, adalah sebagai berikut :

  1. Wali Kota Kota Yogyakarta
  2. Anggota Dewan Komisi C
  3. Kepala Pelaksana BPBD Kota Yogyakarta
  4. Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Yogyakarta
  5. Camat Wirobrajan
  6. Kapolsek Wirobrajan
  7. Danramil Kecamatan Wirobrajan
  8. Kepala Puskesmas Wirobrajan
  9. Staff Puskesmas Wirobrajan
  10. Babinkamtibmas Kelurahan Patangpuluhan
  11. Babinsa Patangpuluhan
  12. Dan instansi terkait lainnya

Simulasi Bencana Gempa Bumi Kampung Patangpuluhan — Besar harapan warga sekitar patangpuluhan wirobrajan, dengan adanya kegiatan simulasi bencana gempa ini akan dapat meminimalisir kerugian akibat bencana sesuai dengan ilmu mitigasi bencana yang kemudian telah didapatkan pada acara simulasi.

Sebagai langkah lanjutan dengan dibentuknya potensi kampung tanggung bencana patangpuluhan, akan terus dilaksanakan pelatihan-pelatihann maupun simulasi kebencanaan, dengan harapan bisa meningkatkan kemampuan baik warga maupun personel KTB Patangpuluhan, agar lebih siap dalam menghadapi kejadian bencana di wilayah setempat maupun kota jogjakarta.

SALAM TANGGUH. SALAM SIAGA. SALAM KEMANUSIAAN.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *