Gabung SekarangSilahkan bergabung di grup telegram informasi & diskusi

Sikap Bijaksana Saat Bencana

Sikap Bijaksana Saat Bencana. Sebuah bencana, tentu merupakan berita duka bagi siapa saja, baik yang mengalami, maupun hanya mendengar/melihat informasinya saja. Hal ini bukan sesuatu yang bisa dianggap main-main, apalagi menyangkut kenyamanan orang lain, bahkan penyebab hilangnya nyawa. Pertanyaan yang paling sederhana bagi kita sendiri adalah: “Bagaimana jika musibah tersebut menimpa kita dan atau keluarga tercinta?”

Banyak sekali kejadian duka berupa bencana yang malah dijadikan sebagai materi “guyonan”, sangat menyedihkan, apapun alasannya publikasi berupa text maupun gambar meme yang beredar di media sosial terutama, hal tersebut tentu akan sangat menyakitkan bagi yang mengalaminya.

Sikap Bijaksana Saat Bencana

Sikap Bijaksana Saat Bencana, sesuai pada gambar ilustrasi diatas, berikut cara kita mensikapinya:

  • Hindari HOAX
  • Tidak menyebarkan gambar yang menganggu (Disturbing Picture)
  • Jangan dijadikan materi bercanda (Jokes)
  • Tidak perlu terburu mencari siapa yang salah
  • Tidak menjadikan sebagai komoditas POLITIK

Menyebarkan meme melalui media sosial seperti facebook, twitter, whatsapp dan sejenisnya, haruslah kita hindarkan, sekecil apapun akibatnya. Apalagi, kemudian menghubungkan dengan sesuatu logika yang bisa jadi amat sangat irasional sehingga tidak kompatibel, hanya menimbulkan rasa sedih dan sakit hati belaka.

Terkait politik, yang sering terjadi biasanya adalah ada saja OKNUM yang menjadikan berita duka bencana sebagai komoditi untuk menaikkan elektabilitas pihak tertentu dan menurunkan popularitas lawannya secara NORAK, penuh intrik serta tanpa empati terhadap situasi darurat yang seharusnya menjadi pusat keprihatinan semua pihak, tanpa kecuali.

Justeru yang dapat kita lakukan (apalagi tidak bisa turut membantu secara langsung), ketika mendengar, melihat, menyaksikan berita duka dan bencana adalah sebagai berikut:

  • Berdo’a
    Sesuai dengan iman serta keyakinan masing-masing, mengarap agar yang tertimpa musibah, baik korban maupun keluarga, diberikan keadaan yang baik serta selalu dikuatkan hatinya.
  • Donasi
    Jika diberikan kemampuan lebih, alangkah terpuji jika ikut serta membantu memberi donasi baik berupa materi maupun non-materi.
  • Mendukung TIM RELAWAN
    Mereka tentu tanpa pamrih dalam hal membantu sesama, relawanlah yang berada di garda depan ketika suatu musibah bencana terjadi, hormati Relawan, hargailah mereka.

Semoga kita menjadi manusia-manusia yang dapat menjadi manfaat bagi orang lain, paling tidak, jangan menjadikan kita penyebab kerugian bagi manusia lainnya. Salam RAPI 51 55.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *