Hubungi via TelegramBergabung Chat Bersama JZ12JXD di Telegram Grup

Cara Mudah Setting Frekuensi HT ICOM IC-V85

Cara Mudah Setting Frekuensi HT ICOM IC-V85.
Setelah beberapa waktu menggunakan HT Merk China, Yakni Baofeng UV-5R, saya jadi tertarik untuk mencoba beberapa merk HT keluaran jepang, yang katanya rekan-rekan breaker lebih bagus untuk keperluan jangka panjang. Selain ada beberapa merk dengan watt dan batre yang besar, ht keluaran jepang ini cukup banyak tersedia aksesoris dan suku cadangnya. Jadi ketika kebetulan ht merk jepang kita rusak, akan mudah untuk diperbaiki, tidak perlu inden suku cadang.

Cara Mudah Setting Frekuensi HT ICOM IC-V85Salah-satu HT merk jepang yang akhirnya pernah saya pilih untuk digunakan adalah ICOM IC-V85. Setelah unpacking, memang spesifikasi HT ini cukup bagus, disamping batre dan power nya dengan kekuatan besar, pernah saya coba digunakan untuk standby bisa tahan 2 hari 1 malam bahkan lebih, dan jika digunakan untuk memancar/transmit dengan frekuensi 14-15an Mhz, bisa tahan hingga seharian. Itu pun menggunakan antena luar, apalagi jika tetap menggunakan antena bawaan atau handy antena lain, mungkin bisa lebih lama tahan tidak di cash kali ya :).

Nah, jika sebelumnya jika saya membeli HT langsung di isi dengan frekuensi, jadi tinggal pakai, untuk kali ini jika membeli HT, saya biarkan kosong untuk frekuensi, dengan tujuan supaya bisa belajar setting sendiri untuk memasukan frekuensi di ht. Berikut saya bagikan informasi tentang cara mudah setting frekuensi dengan menggunakan HT ICOM IC-V85.

  • Pastikan bahwa radio Anda berada dalam mode VFO.
  • Jika berada dalam modus memori (hitam ikon menunjukkan MR dalam layar), alihkan radio Anda untuk VFO mode dengan menekan tombol CLR.
  • Mengatur frekuensi yang akan digunakan dengan menekan nomor pada keypad.
    Anda harus memasukkan enam digit untuk menyelesaikan pengaturan frekuensi.
  • Untuk mengatur mengimbangi atau duplex, tekan tombol FUNC dan kemudian tombol DUP untuk memilih antara simpleks (kosong), “-” dan “+”.
  • Jika repeater memerlukan nada terdengar sub atau biasa juga dikenal dengan TONE, tekan tombol FUNC dan kemudian SET untuk masuk ke modus ditetapkan.
  • Tekan tombol atas atau bawah sampai muncul tulisan rt di layar, kemudian putar tombol untuk memilih nada tone yang tepat sesuai dengan RPU anda. Tekan CLR atau PTT untuk keluar dari modus yang ditetapkan.
  • Untuk mengaktifkan nada, tekan FUNC diikuti dengan tombol TONE dan menelusuri fitur sampai tanda “♪” muncul di bagian atas layar sebelah or “_ +”.

Demikian, cukup mudah bukan? Nah jika sudah menentukan frekuensi, langkah selanjutnya adalah menyimpan frekuensi atau channel tersebut ke memory perangkat HT, berikut adalah tahap mudahnya:

  • Tekan FUNC diikuti dengan tombol MR. Indikator channel memory akan berkedip terus menerus.
  • Tekan tombol atas atau bawah untuk menggulir ke nomor saluran memori yang akan untuk menyimpan pengaturan ini masuk (Sebuah layar kosong akan menunjukkan saluran memori terbuka Jika Anda memilih memori mana frekuensi ditampilkan, Anda akan menulis di atasnya)
  • Tekan FUNC lagi dan kemudian terus tombol MR selama 1-2 detik untuk menyimpan pada memory. Anda akan mendengar dua nada bip pendek ketika disimpan.
  • Jika Anda tidak memiliki saluran memori lebih lanjut untuk membuat, Tekan tombol MR untuk beroperasi dalam modus memori. Untuk melanjutkan membuat saluran memori, kembali ke langkah 1 dari Memasuki Frekuensi, Offset, dan Nada.

Demikian, semoga bermanfaat.
Sumber Gambar HT ICOM IC-V85 : http://icomamerica.com/en/products/amateur/handheld/v85/default.aspx

14 Comments

Leave a Reply