Hubungi via TelegramBergabung Chat Bersama JZ12JXD di Telegram Grup

Antena Base Station Untuk Keperluan Berkomunikasi

Antena Base Station Untuk Keperluan Berkomunikasi ada beberapa macam jenis dan merknya. Memiliki Antena untuk komunikasi tidak harus dengan harga yang mahal, karena kemampuan memancar tidak hanya diukur dari jenis atau merk antena. Karena daya pancaran dan penerimaan untuk komunikasi tidak hanya bergantung kepada jenis antena yang dipergunakan, melainkan banyak hal-hal penting lainnya yang juga perlu diperhatikan, agar kita akhirnya tidak mubadzir membeli antena yang mahal. Dan yang akan penulis sampaikan disini, adalah antena jenis Vertikal (bukan antena pengarah). Berikut beberapa pertimbangan berdasarkan sedikit pengalaman saya untuk membeli antena :

Antena Base Station Untuk Keperluan Berkomunikasi

  1. Ketinggian;
    Ketinggian adalah berbanding sejajar dengan daya pancar dan penerimaan, artinya semakin tinggi antena terpasang, akan semakin baik untuk daya pancaran dan penerimaan komunikasi radio.
  2. Titik Resonansi;
    Cobalah meminta bantuan rekan komunikasi anda untuk memeriksa titik resonansi pada tempat yang akan didirikan antena base station, semakin baik titik resonansi, maka akan semakin baik untuk daya pancaran dan penerimaan komunikasi radio.
  3. Keperluan Memancar;
    Fahami dimana kebutuhan anda akan memancar, apakah menggunakan fasilitas pancar pengulang, atau non repeater.

Tiga hal diatas merupakan salah satu perimbangan yang dapat mengacu kepada tipe antena yang akan anda pergunakan. Namun demikian tidak menutup kemungkinan ada hal lain yang berpengaruh terhadap daya pancaran dan penerimaan radio komunikasi anda. Dan sebagai referensi Antena Base Station Untuk Keperluan Berkomunikasi, berikut adalah beberapa Antena Base Stastion Untuk Keperluan Berkomunikasi, yang pada umumnya sering dipergunakan rekan-rekan radio komunikasi antar penduduk indonesia (RAPI), setahu saya tentunya 🙂

Antena Base Stastion Untuk Keperluan BerkomunikasiAntena Telex Gazden T2M
Range Freq : 136 – 174 Mhz
Gain 5,22dbi
Power Daya Pancaran Maksimal : 200 W

Antena Base Stastion Untuk Keperluan BerkomunikasiHygain V2R (USA)
2 Meter vertical with 3 dBd gain derived from the famous extended double zepp antenna design. Radiating elements are two collinear 5/8 waves fed in phase. 2 sets of 1/4 wave radials properly decouple lower radiator from the mast. The SO-239, handles 500 Watts. 9 feet.
Frequency: 138 – 175MHz
Gain dBd: 5.2 dBi
Power Input 500 Watts
Wind 105 mph
Max Mast 2 in. OD
Height 3.1 meter
Weight 6 lbs

Antena Base Stastion Untuk Keperluan BerkomunikasiAntena Diamond F23 H
Length: 5.2m
Weight: 2.0kg
Gain: 7.8dB
Max.power rating: 350W
Impedance: 50ohms
VSWR: Less than 1.5:1
Rated wind velocity: 40m/sec.
Mast diameter accepted: 30-62φ
Connector MJ
Type: omnidirectional 3×5/8λ,FRP outershell

Diantara tiga Antena Base Station Untuk Keperluan Berkomunikasi diatas, untuk harga yang paling terjangkau adalah Antena Telex Gazden T2M, dengan kisaran harga antara 350.000 IDR sampai dengan 450.000 IDR.
CATATAN: Alangkah baiknya, anda didampingi oleh rekan yang sudah sangat mengerti terhadap karakter antena dan apa kebutuhan anda, sehingga dimungkinkan anda mendapatkan yang sesuai kebutuhan untuk memiliki Antena Base Stastion Untuk Keperluan Berkomunikasi.

2 Comments

Leave a Reply