Gabung SekarangSilahkan bergabung di grup telegram informasi & diskusi

Agus Sulistiyono, Ketua RAPI Daerah Istimewa Yogyakarta

Agus Sulistiyono, Ketua RAPI Daerah Istimewa Yogyakarta, Masa Bakti 2014 – 2018. Berikut adalah profile beliau yang saya dapatkan secara langsung melalui website pribadi Bapak Agus Sulistiyono.

Agus Sulistiyono, Ketua RAPI Daerah Istimewa Yogyakarta

Kisahnya dimulai dari sebuah desa kecil di Purworejo pada tanggal 17 Agustus 1959. Agus Sulistiyono, sebuah nama yang erat dengan tipikal budaya jawa adalah nama sejak kecil sampai saat ini.

Ia lahir dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga nahdliyyin. Seperti pada umumnya, Agus Sulistiono kecil memulai pendidikannya di kampung halaman sendiri, tepatnya di SDN dan berlanjut di ST Negeri Kedungjati masing-masing selesai pada tahun 1972 dan 1974.

Berbeda dengan sekolah dasar dan menengah pertamanya, pada jenjang pendidikan berikutnya, ia merantau dan berpisah dengan keluarga tercinta untuk melanjutkankan studi di ibu kota propinsi Jawa Tengah yakni di STM Negeri VI Semarang. Tahun 1977 adalah tahun dimana ia mengakhiri pendidikan tingkat atas untuk sementara waktu.

Menurutnya, keberadaan di bangku sekolah adalah bagian terkecil dalam proses pendewasaan diri dalam mengatur emosi, mengasah bakat dan minat menuju sebuah cita-cita agung yang dibanggakannya.

Ia berusaha menambah rasa bangga kedua orang tuanya dengan menunjukkan diri sebagai sosok yang mandiri dan berdikari dalam hal apapun. Kurang lebih atas dasar itu, ia memilih STM sebagai jenjang pendidikannya agar ia bisa mengasah skill lebih spesifik sebagai bekal mengarungi hidup lebih maju yang lebih baik.

Sosok yang mempersunting gadis bernama Puji Hernani dan dikarunia dua orang anak ini (Fahmanindya Listyani & Muhammad Ardan Aji Utama) tidak pernah mendefinisikan diri sebagai apa atau siapa Karena beliau menghadapi sebuah kehidupan secara linear dan tidak neko-neko, tapi tetap yakin akan sebuah prinsip hidup bahwa “tanggung jawab adalah cara terbaik untuk meraih hak”. Sosok yang mandiri dan berdikari setidaknya telah beliau tunjukkan sebagai lelaki yang giat dan pantang menyerah.

Setelah 12 tahun mengenyam pendidikan formal, ia merampas hak pribadinya sebagai remaja dan memutuskan untuk membantu keberlangsungan pendidikan saudara-saudaranya. Praktis setelah studi STM-nya berakhir ia bertekad untuk merantau ke luar Jawa dan mulai bergabung dalam unit usaha PT PORODISA TRAD SAMARINDA dengan jabatan SURVEYOR.

Loyalitas, spirit untuk maju dan hasrat untuk mengerti semua hal berikut kesabaran yang tinggi sebagai penyeimbang telah menjadikannya sebagai sosok yang patut di perhitungkan, dalam situasi dan hal apa pun. Tidak lama kemudian, pada akhir tahun 1981 ia bergabung dalam perusahaan PT TELUK ETHNA FAK-FAK, dan perusahaan tersebut membayarnya dengan jabatan sebagai SUPERVISOR SURVEYOR, sebuah jabatan yang mungkin terlalu prestise baginya pada saat itu, tapi Tuhan tentu mempunyai rencana berbeda dengan semua itu.

Setelah enam tahun mengembara dan mencari pengalaman di luar Jawa, ia memutuskan untuk menetap di D.I Jogjakarta dan mulai menggeluti dunia usaha sampai berhasil mendirikan PT AJI UTAMA yang bergerak dibidang kontruksi bangunan, furniture dan sektor jasa lain.

Sadar akan pentingnya arti pendidikan membuatnya tidak malu untuk melanjutkan studinya yang sempat tertunda. Di sela waktu dan padatnya kesibukan sebagai seorang pengusaha dan politisi, ia memutuskan untuk nyambi kuliah di Universitas Widya Mataram Yogyakarta dan berhasil memperoleh gelar sarjana ekonomi pada tahun 2007.

Update:
Saat ini Bpk. Agus Sulistiyono – JZ12AY menjabat sebagai Ketua Umum Rapi Nasional.

Profile lengkap, silahkan berkunjung ke website beliau dengan alamat agus-sulistiyono.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *